Home > Industri, Uncategorized > PROSES PEMBUATAN TEPUNG TAPIOKA.

PROSES PEMBUATAN TEPUNG TAPIOKA.

Tepung tapioka merupakan bahan baku makanan yang sulit ditinggalkan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari dari mulai makanan ringan sampai makanan pokok. Oleh karena itu, sekarang banyak berdiri pabrik-pabrik yang bergerak dibidang pembuatan tepung tapioka.

Tepung tapioka yang selama ini kita kenal dan mungkin menjadi sering kita makan asalo muasalnya adaloah dari singkong yang sering kita anggap remeh kualitasnya, padahal itu merupakan bahan baku dari tepung tapioka yang selama ini kita makan bahkan telah menjadi makanan pavorit kita.

Proses pembuatan tepung tapioka itu sendiri cukup mudah, tidak memerlukan waktu yang lama dan modal yang kecil untuk menghasilkanya.

Suatu hari kami ditugaskan oleh guru mata pelajaran KIMIA untuk melakukan observasi atau kunjungan ke pabrik-pabrik yang khusus membuat tepung tapioka.

Bapak Ojo, begitulah orang-orang memanggil beliau. Beliau merupakan salah satu pengusaha pembuatan tepung tapioka yang berada disekitar wilayah kami.

Beliau mendirikan pabrik tersebut karena tergiur dengan penghasilan yang bisa dibilang cukup besar. Hingga akhirnya pada tahun 2004 beliau mendirikan sebuah pabrik yang khusus memproduksi tepung tapioka.

Dengan modal  pertama sebesar ± Rp. 3.500.000 untuk pembelian mesin giling, persiapan lahan penjemuran dan persiapan lahan untuk pengendapan beliau memulai karirnya sebagai pengusaha tepung tapioka.

Beliau mendapatkan bahan baku tepung tapioka yaitu singkong haswil dari membeli dari warga sekitar yang memang mempunyai lahan yang ditanami oleh singkong. Oleh karena itu, Bapak Ojo mencari tempat yang strategis dimana ia dapat dengan mudah mendapatkan singkong. Akhirnya dia menemukan tempat yang strategis berada ditengah-tengah lahan yang banyak ditanami oleh pohon singkong yaitu di daerah Pasirgadung Kecamatan Cineam, TASIKMALAYA. Disanalah Pak Ojo merintis pabrik pembuatan tepunh tapioaka tersebut.

Perjuanganpun tidak sepenuhnya mendapatkan hasil. Beberapa kendala menimpa Bapak Ojo, dari mulai kurangnya pasokan singkong sampai pengaruh alam yaitu hujan.

Pabrik Bapak Ojo pun sempat mengalami gulung tikar karena berbagai kendala yang telah kami sebutkan tadi. Berbagai cara dilakukan guna memejukan kembali pabrik miliknya. Hingga akhirnya dengan perjuangan yang keras Bapak Ojo beserta ke-4 Karyawannya bisa memajukan kembali pabrik tepung tapiokanya tersebut.

CARA-CARA PEMBUATAN TEPUNG TAPIOKA.

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya bahwasanya bahan baku tepung tapioka tersebut adalah singkong. Hal pertama yang harus dilkukan untuk membuat tepung tapioka adalah menyediakan singkong yang telah dikupas. Kegiatan berlanjut dengan menggiling singkong yang telah dikupas tadi oleh media mesin giling. Hanya dengan campuran air tanpa ada campuran zat lain maka singkong hasil gilingan tersebut sudah bisa diendapkan.

Diendapkan????? Mungkin anda bertanya-tanya kenapa ada istilah pengendapan?

Ya ya ya. Diendapkan merupakan proses awal terbentuknya tepung tapioka. Proses pengendapan sendiri memakn waktu ± 2 x 12 jam barulah air yang berada diatas endapan itu dapat dibuang. Nah! Endapan inilah yang akan menjadi tepung tapioka. Eith belum jadi katanya masih ada satu tahap lagi yaitu proses penjemuran. Pak Ojo menggunakan cahaya matahari untuk menjemur tepung-tepung tersebut. Dibutuhkan 2-3 harisupaya tepung tersebut menjadi benar-benar tepung tapioka yang siap untuk di pasarkan.

Pak Ojo biasanya memasarkan tepung tapiokanya ke pasar-pasar terdekat. Selain itu banyak juga konsumen yang langsung datng kepabrik.

Dengan penghasilan total kurang lebih sebesar Rp. 800.000 Perbulan dibagi dengan 4 orang karyanwanya masing-masing Rp. 100.000 perbulan maka penghasilan bersihnya sebesar Rp. 400.000 Perbulan, Pak Ojo dapat menghidupi seorang istri dn kedua anaknya.

About these ads
Categories: Industri, Uncategorized Tags:
  1. November 5, 2009 at 11:24 am

    Hi, this is a comment.
    To delete a comment, just log in, and view the posts’ comments, there you will have the option to edit or delete them.

  2. Reinaldy
    December 10, 2009 at 7:01 am

    Bagaimana Cara Memebuat Batok SUSU

  3. firman
    December 17, 2009 at 1:56 am

    terima kasih atas informasinya tentang proses pembuatan tepung tapioka!!!
    :-0

  4. ade anwar
    August 21, 2010 at 12:35 pm

    bang, proses setelah penjemurannya belon kelar tuh,,,?

  5. grandies
    May 9, 2011 at 3:38 am

    terimakasih berat informasinya,

  6. May 16, 2012 at 11:07 am

    bagus sih,tapi penghasilan baru 400 rb perbulan kecil ya

  7. May 30, 2012 at 12:02 pm

    proses sebelum pengendapan masih kurang bang, ampasnya gimana?

  8. rafli
    January 5, 2013 at 2:42 pm

    kok kecil banget pendapatannya….hheheheh salah kali ya.., harga jual terendah tapioka saat ini itu sekitar Rp 4000/kg, berarti pabrik diatas cuma bisa memproduksi sekitar 250 kg per bulan dengan asumsi 50 kg untuk biaya produksi, perhari cuma produksi 8,3 kg heheheh, salah kali itu Rp 800.000 / hari. wong kalau pabrik kecil itu kapasitas produksi sehari 400 kg loh….

  9. Sanjaya
    March 2, 2014 at 1:47 pm

    Keuntungan usaha pabrik tapioka sangat tergantung kapasitas produksinya. Bagi rekan-rekan yg berminat memulai investasi pabrik tapioka baik skala kecil maupun kapasitas besar dan modern, bisa menghubungi saya di 6281213300143 atau via email ke santoso.arenacorp@gmail.com

  1. November 18, 2009 at 1:53 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: