Home > Security, Uncategorized > Trik Mengamankan Akun Facebook

Trik Mengamankan Akun Facebook

Ketika Presiden Amerika Serikat memperingatkan anak-anak sekolah untuk memperhatikan apa yang mereka katakan dan lakukan di Facebook, Anda tahu bahwa kita punya masalah … dan itu bukan hanya persoalan di Amerika Serikat. Orang-orang di seluruh dunia tanpa berpikir berbagi apa saja di jaringan sosial terbesar dunia, tidak meneliti siapa saja yang membaca postingan mereka atau apa efeknya buruknya. Sebagai contoh, apakah Anda tahu bahwa 30% dari pengusaha saat ini menggunakan Facebook untuk mengenal karyawan potensial sebelum perekrutan? Dalam perekonomian sulit sekarang ini, cukup menjadi pertanyaan apakah layak untuk posting foto pesta yang memalukan dapat menjatuhkan reputasi anda (ingat juga saat anda men-tag teman anda)

https://diexzonline.files.wordpress.com/2011/05/facebooksecurity.jpg?w=193

Tanpa sepengetahuan sebagian besar pengguna Facebook, jaringan sosial sesungguhnya menawarkan kontrol privasi dan fitur keamanan yang dapat membantu Anda mengamankan diri. Jika digunakan dengan benar, anda tidak perlu khawatir apakah anda bisa menerima tawaran teman dari atasan anda atau ibu anda. Anda bisa berteman dengan siapa saja yang anda mau, tetapi tetap menapat kenyamanan karena anda tahu bahwa tidak semua orang bisa melihat apa saja yang anda posting.

Masalah dalam penggunaan pilihan privasi ini adalah, kadang terlalu membingungkan bagi orang-orang yang tidak suka hal teknis untuk mengaplikasikannya. Dan sering kali, orang-orang tidak mau sedikit meluangkan waktu untuk belajar. Prosesnya sederhana, kami menawarkan lima langkah mudah yang dapat Anda pergunakan untuk berinteraksi menggunakan Facebook lebih aman, lebih nyaman, dan lebih pribadi.

Langkah 1: Membuat Daftar Teman

Ini akan diperlukan beberapa waktu, terutama jika Anda telah terhubung ke beberapa ratus teman. Tetapi, langkah ini meskipun lambat namun cukup sederhana. Dan itu akan menjadi hal yang paling berguna di Facebook.

Daftar teman, seperti namanya, adalah daftar untuk mengelompokkan teman-teman Anda. Yang menyenangkan tentang fitur ini adalah, sekali anda telah membuatnya, anda tidak perlu membuatnya untuk lain kali. Kami menyarankan Anda menempatkan rekan kerja dan kenalan profesional ke daftar teman sebagai “rekan kerja,” teman-teman lainnya ke dalam sebuah daftar yang disebut “Kenalan,” dan keluarga ke dalam sebuah daftar yang disebut “Keluarga . Tiga kategori kelompok “teman” memungkinkan anda menyembunyikan beberapa informasi.

Untuk membuat daftar teman, klik “Friends” di bagian atas situs Facebook. Di kolom sebelah kiri, klik “Friends” lagi dibagian bawahnya “Daftar”. Sekarang Anda akan melihat tombol di bagian atas, mengatakan “Create New List”. Klik. Dalam pop-up yang muncul, Anda menuliskan nama daftar Anda dan memilih anggota. Jika Anda pernah berbagi aplikasi dengan teman-teman Anda, proses untuk melakukan hal ini sangat mudah.

Ketika Anda telah selesai membuat daftar, Anda akan dapat menentukan siapa yang dapat melihat apa (atau sebaliknya!) Caranya seperti dibawah ini:

Langkah 2: Siapa yang bisa melihat Profil Anda

Di bagian kanan atas Facebook, ada menu yang mungkin diabaikan banyak orang: “Settings (Pengaturan).” Menu ini sekarang akan menjadi teman terbaik Anda. Untuk memulai, arahkan mouse ke menu Pengaturan dan klik “Privacy Settings” dari daftar yang muncul. Berikutnya, klik “Profil.” Ini akan membawa kita ke halaman dimana kita bisa mengatur siapa yang dapat melihat informasi tertentu pada profil Anda.

Sebelum membuat perubahan, pikirkan dengan hati-hati tentang hal yang Anda ingin share ke publik atau hal yang ingin anda jaga tetap dalam wilayah pribadi. Baikkah apabila “setiap orang” bisa melihat foto dimana Anda di-tag? Atau anda ingin membatasi hanya orang-orang tertentu yang telah anda pilih dalam daftar teman Anda?

Di bawah setiap bagian pada halaman ini ( info, personal info, status, dll), Anda dapat menetapkan siapa yang boleh melihat informasi tertentu. Bagi yang tidak menggunakan daftar teman (lihat langkah 1), hal terbaik untuk dimasukkan di sini adalah “Only Friends.”. Ada lagi orang-orang yang membuka informasi profil Anda yang mungkin kenal atau tidak. Misalnya, bila kita memilih “Everyone” maka info itu bisa diakses siapa saja, “Friends of Friends” adalah memungkinkan teman dari teman anda melihatnya, “My Networks and Friends” mengizinkan info anda dapat dilihat dalam lingkup network anda, berarti siapa pun di kota Anda, SMU Anda, perguruan tinggi Anda, kantor anda, organisasi profesional Anda, dll

Anda juga dapat memblokir kelompok-kelompok tertentu dapat melihat bagian-bagian ini. Pada pilihan “Edit Custom Settings”, Anda dapat mengklik link tersebut untuk menampilkan pop-up kotak untuk dapat memilih orang-orang atau daftar blok (lihat di fitur “Kecuali orang-orang ini”). Jika Anda belum membuat daftar teman seperti yang dijelaskan pada langkah 1 di atas, disini Anda juga dapat memasukkan nama satu per satu (misalnya boss diblokir).

Langkah 3: Siapa yang dapat melihat Alamat dan Nomer Telpon Anda

Apakah daftar alamat dan nomor telepon Anda ada di Facebook? Meskipun itu fitur yang bagus, tapi mungkin anda tidak mau semua orang dalam daftar teman anda mengetahui informasi ini. Untuk mengkses halaman konfigurasi, ikuti langkah seperti di step 2 untuk masuk ke dalam Profile Privacy. Lihat di halaman itu ada dua tab di bagian atas, klik “Contact Information”

Seperti yang telah dijelaskan di atas, Anda dapat kembali menggunakan daftar drop-down untuk menentukan siapa yang boleh melihat dan tidak informasi ini. Bagian halaman ini mencakup “IM Screen Name,” “Mobile Phone,” “Telepon Lainnya,” ” Alamat,” “Situs Internet,” dan email Anda.

Step 4: Change Who Can Find You on Facebook via Search

Langkah 4: Rubah siapa saja yang dapat mencari anda di Facebok Melalui Search

Jengkel mendapatkan permintaan dari orang atau teman yang dulu bermasalah? Sementara yang menyenangkan di Facebook adalah memungkinkan Anda berhubungan kembali dengan semua orang yang Anda pernah kenal sepanjang hidup Anda, atau menemukan orang yang menjengkelkan yang ingin kembali berhubungan. Anda tidak lagi berteman dengan orang-orang ini karena suatu alasan. Tapi kalau anda tidak approve permintaan teman itu, dia akan tahu bukan? Ternyata, ada suatu pengaturan di Facebook yang memungkinkan teman yang tidak anda sukai tidak bisa menemukan anda melalui search.

Klik pada menu “Settings” di homepage Facebook dan kemudian klik “Search” pada halaman berikut. Anda akan dibawa ke halaman Search Privacy di mana Anda dapat menentukan siapa yang harus menemukan Anda di Facebook. Mau siapa saja? Pada menu drop down “Search Visibility” , pilih “Everyone.” Ingin sedikit lebih terbatas? Pilih “My Networks dan Friends,” Friends of Friends,” atau “My Networks dan Friends of Friends”. Tidak ingin orang menemukan Anda di Facebook? Ubah ke “Only Friends.” Itu berarti hanya orang-orang yang telah anda approve untuk jadi teman-lah yang dapat menemukan anda melalui Facebook Search.

Pada halaman ini, Anda juga dapat mengatur tampilan informasi saat halaman info anda ditampilkan sebagai hasil dari suatu pencarian. Bisa berupa foto anda, daftar teman anda, dll. Anda bisa leluasa menentukan pada kotak centang berbasis jaringan, apa yang bisa ditampilkan atau disembunyikan. Misalnya jika Anda tidak ingin orang dari SMA untuk menemukan Anda, hapus centang pada kotak di samping “orang-orang di jaringan SMA.”

Langkah 5: Berhenti Berbagi Info pribadi dengan Aplikasi Tidak Diketahui

Aplikasi Quiz-quiz di Facebook tahu banyak mengenai anda. Anda secara tidak sadar berbagi banyak informasi pribadi (dan info teman-teman anda juga), apalagi bila anda menggunakan banyak aplikasi tambahan Facebook yang dikembangkan oleh para developer. Saatnya anda memegang kontrol! Di halaman depan Facebook, arahkan mouse ke menu “Settings” dan pilih “Privacy Settings” dari daftar drop-down. Pada halaman berikutnya, klik “Application/Aplikasi” kemudian klik tab yang bertuliskan “Setting/Pengaturan” yang di sebelah tab “Overview”

Pada halaman ini, Anda dapat centang dan hapus centang kotak di samping informasi pribadi Anda (gambar, pendidikan sejarah, dinding, pandangan agama, dll). Teman-teman Anda hanya mampu melihat yang anda ijinkan. Bahkan teman dari teman Anda dapat melihat informasi pribadi Anda jika tidak membuat perubahan ini! Percaya atau tidak, Anda tidak memiliki kontrol yang sama atas aplikasi Anda sendiri. Sebaiknya Anda mengunjungi halaman dan hapus aplikasi yang tidak anda gunakan lagi. (Gunakan “X” untuk menghapusnya.) Anda lihat, sekali Anda mengotorisasi sebuah aplikasi, Anda telah mengijinkan untuk mengakses setiap informasi yang terkait dengan account Anda. Sementara beberapa pengembang mungkin hanya menarik apa yang benar-benar diperlukan, banyak orang lain mungkin mengorek segala informasi yang mereka dapat. Menakutkan, bukan?

Kesimpulan 

Meskipun ini bukan panduan yang komprehensif untuk keamanan dan privasi di Facebook, lima langkah ini dapat membantu anda mengamankan diri, lebih nyaman, dan lingkungan yang lebih pribadi pada jaringan sosial.

Namun, jika Anda memilih tidak mencegah, Anda mungkin akan menyalahkan diri sendiri ketika sebuah posting dinding (wall post) memposting foto yang memalukan online dan langsung ditampilkan di halaman depan Boss Anda atau ibu Anda. Pikirkanlah sebelum hal ini benar-benar menimpa anda.
 (Erabaru/art)

Advertisements
Categories: Security, Uncategorized Tags:
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: